Tingkatkan Kualitas SDM, Pemdes Senggigi Beri Pelatihan Satpam Gratis Bagi Warga Kurang Mampu 

  • Aug 15, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT - Selain memberikan beasiswa S1 bagi mahasiswa yang berprestasi, Pemerintah Desa (Pemdes) Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) juga memberikan pelatihan Satuan Pengaman (Satpam) secara gratis kepada warganya yang kurang mampu. Sedikitnya, ada 10 warga yang berasal dari 4 dusun mengikuti pelatihan satpam tersebut.

Kepala desa Senggigi, Mastur, SE menyebutkan bahwa pemberian pelatihan Satpam kepada warga ini gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun dari yang bersangkutan. Segala biaya, meliputi biaya pendidikan, biaya penginapan dan lainnya ditanggung oleh Pemdes Senggigi.

Dalam pelaksanaannya pelatihan Satpam gratis ini, Pemdes Senggigi bekerja sama dengan PT. Praja Baruna Sakti (PBS) yang beralamat di dusun Kerandangan.

Mastur menerangkan, sebelum dilakukan pelatihan, warga yang berminat diseleksi di kantor desa Senggigi. Hal ini dilakukan dengan ditujuan untuk mendapatkan calon siswa satpam yang sesuai dengan persyaratan.

“Ini sebagai bentuk komitmen dan tanggung jawab kita kepada masyarakat yang kurang mampu khususnya yang ada di desa Senggigi," ujar Mastur saat dihubungi, Kamis (15/08/2024).

Mastur menambahkan, tujuan diadakannya pelatihan satpam gratis ini adalah untuk memberikan keterampilan agar warga memiliki daya saing dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Pelatihan dilaksanakan selama dua minggu, dengan tenaga pendidik bersertifikat lengkap serta dari unsur kepolisian," jelas dia.

Ia berharap agar warga bisa benar-benar memanfaatkan kesempatan tersebut dan bisa bekerja secara profesional di tempat kerjanya.

"Setelah mendapatkan pendidikan dasar satpam, para peserta bisa melanjutkan untuk menjadi petugas security atau petugas keamanan, baik di hotel atau ditempat manapun yang diinginkan," pungkasnya. (HMS).