Implementasikan Visi dan Misi, Kades Senggigi Serahkan SK Beasiswa Kuliah Bagi Warga Berprestasi 

  • Aug 08, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT - Pemerintah Desa (Pemdes) Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menggelar acara Penyerahan Surat Keputusan (SK) Beasiswa kuliah kepada warga yang kurang mampu dan berprestasi. Acara ini dilaksanakan di kantor desa Senggigi, Kamis (08/08/2024).

Acara ini dihadiri oleh Kepala Desa (Kades) Senggigi, Mastur, Camat Batulayar, H. Muh. Subayin, Kapolsek Batulayar, Kompol I Putu Khardianto, Rektor Universitas Negeri Mataram (UNRAM), Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Rektor Universitas Terbuka (UT) Mataram, BPD, Babinkamtibmas, Sekretaris Desa Senggigi, para Kepala dusun, para penerima beasiswa serta sejumlah undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kades Senggigi Mastur mengatakan, pemberian beasiswa kepada warga yang berprestasi ini merupakan implementasi dari RPJMDes. Kemudian, RPJMDes tentang beasiswa tersebut merupakan implementasi dari visi dan misi dirinya saat mencalonkan diri sebagai Kepala Desa Senggigi pada Pilkades serentak tahun 2021 lalu.

"Didalam pencalonan pada Pilkades 2021 itu, ada visi dan misi saya yaitu meningkatkan IPM (Indeks Pembangunan Manusia). Untuk menunjang pencapaian itu, hal yang paling mendasar yang harus dilakukan adalah meningkatkan pendidikan. Bagaimana pendidikan itu ditingkatkan, kemudian anak-anak dibiayai untuk menempuh pendidikan lebih lanjut tersebut. Mereka yang tidak mampu, namun berprestasi, disinilah peran serta pemerintah desa," katanya.

"Insya Allah, selama saya masih menjabat sebagai kepala desa di desa Senggigi, saya akan terus berupaya dan memberikan sumbangsih yang terbaik untuk masyarakat," sambung Mastur.

Mastur berharap kepada para penerima beasiswa ini supaya belajar dengan sungguh-sungguh dan apa yang dicita-citakan dapat tercapai. "Itu harapan kami. Dan yang paling penting juga kami tekankan kepada para penerima beasiswa agar ikut aktif dalam kegiatan pemuda di desa bersama Karang Taruna," ucapnya.

Camat Batulayar, H. Muh. Subayin Fikri menyampaikan apresiasinya terhadap program-program yang buat oleh Pemerintah Desa Senggigi. Menurutnya, desa Senggigi merupakan desa yang memiliki banyak inovasi disemua sektor, termasuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

"Atas nama Pemerintah kecamatan Batulayar menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada desa Senggigi yang sudah memiliki banyak inovasi disemua sektor. Kepada para penerima beasiswa supaya memanfaatkan kesempatan ini dengan baik, bisa menjadi generasi yang mempunyai SDM yang produktif, sehingga bisa menjadikan wilayahnya menjadi lebih maju kedepan," katanya.

Dikatakan Subayin, desa Senggigi adalah desa penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar untuk Kabupaten Lombok Barat di sektor pajak dan retribusi daerah. Sehingga, sesuai dengan amanat Undang-undang 1 tahun 2023 tentang hubungan keuangan pemerintah pusat dan daerah, ada Dana Bagi Hasil (DBH) 10% dari jumlah realisasi penerimaan pajak dan retribusi oleh Pemda dikembalikan ke desa. 

"Dari 10% tersebut, desa Senggigi adalah penerima DBH paling besar, mencapai Rp 1,6 milliar. Kalau desa-desa lain di Kabupaten Lombok Barat, paling tinggi DBH-nya sekarang Rp 200 - 300 juta," jelasnya.

Senada dengan Camat Batulayar, Kapolsek Batulayar, Kompol I Putu Kardhianto menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Senggigi yang sudah membuat program yang langsung menyentuh ke masyarakat.

"Kami dari Polsek Batulayar menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Senggigi, khususnya bapak Kepala Desa. Dan untuk adik-adik yang menerima beasiswa supaya benar-benar dipedomani untuk bekal kedepannya. Karena, tidak cukup hanya berbekal teori saja, keterampilan di lapangan sangat diharapkan. Bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh komponen yang ada," pungkasnya. (HMS).