Kades Senggigi Ajak Pengusaha, Bantu Warga Kurang Mampu 

  • Jul 05, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT - Kepala Desa (Kades) Senggigi, Mastur mengajak para pengusaha di desa binaannya untuk membantu warga yang kurang mampu melalui Universal Health Coverage (UHC), salah satunya terkait program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Hal ini disampaikannya saat menggelar rapat koordinasi bersama beberapa General Manager (GM) perusahaan di kantor desa Senggigi, Kamis (04/07/2024).

Mastur mengatakan, Pemdes Senggigi telah mendaftarkan sebanyak 813 warga ke BPJS untuk dibiyai, namun dari jumlah tersebut, terdapat sekitar 388 warga yang belum sama sekali memiliki BPJS dan sebanyak 70 warga yang sudah memiliki BPJS namun tidak sanggup untuk membayar iuran.

"Sejak Covid-19 dua tahun terakhir itu, mengakibatkan terjadinya tunggakan BPJS terhadap 70 warga tersebut. Mereka tidak sanggup untuk membayar. Oleh karena itu, kehadiran daripada pemerintah desa selaku pemerintahan yang paling bawah dipandang perlu untuk bertanggung jawab terhadap hal-hal yang tidak bisa di-cover oleh masyarakat maupun pemerintah daerah dan pemerintah pusat terkait tunggakan tersebut," kata Mastur.

Mastur pun mengajak seluruh pengusaha yang ada dikawasan wisata Senggigi untuk bersama-sama bergotong royong membantu warga kurang mampu untuk pembiayaan BPJS melalui Corporate Social Responsibility (CSR).

"Inilah maksud kami untuk mengundang bapak-ibu, guna bersama-sama memikirkannya," imbuhnya.

Kepala Dinas Sosial Lombok Barat, H. L. Martajaya, yang berkesempatan hadir dalam acara ini menyambut baik program ini. Menurutnya, program seperti ini sangat baik untuk membantu warga yang kurang mampu.

"Terobosan-terobosan yang dilakukan oleh pak kades Senggigi ini sangat luar biasa. Kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pak kades dan seluruh jajaran Pemerintah Desa Senggigi," ucapnya.

Hadir juga dalam acara ini antara lain Wakil ketua BAZNAS Lombok Barat, Tuan Guru H. Rosidi, Kasi Kesos Kecamatan Batulayar, Sobri, Kepala Puskesmas Meninting, H. Rusman, Ketua BPD Amsiah, para kepala dusun serta sejumlah GM hotel. (HMS).