Warga Dusun Kerandangan Desa Senggigi Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an

  • Apr 01, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT - Warga Dusun Kerandangan, Desa Senggigi, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat menggelar acara peringatan Nuzulul Qur'an bertempat di Masjid Riyadlul Wardiyah, Kamis (28/03/2024) malam.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang dilaksanakan di dusun Kerandangan ini mengangkat tema “Qur'an Sebagai Pedoman dan Sumber Inspirasi Sukses Dalam Kehidupan di Dunia dan Akhirat".

Hadir dalam acara ini yakni mantan Bupati Lombok Barat sekaligus anggota DPR RI terpilih, H. Fauzan Khalid, SAg, MSi, Tuan Guru H. Sidqi Abbas, MPd, Kepala Desa Senggigi, Mastur, Sekretaris desa Senggigi, Juwaedi Ahsan serta para kepala dusun.

Acara diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an oleh Qori' ustad Asror Zawawi SPd.I.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Senggigi, Mastur menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah berkesempatan hadir dan memenuhi undangan panitia.

"Tentunya dalam hal penyambutan, ada hal-hal yang kurang berkenan atau ada kesalahan, saya atas nama warga masyarakat dusun Kerandangan menyampaikan ucapan maaf yang sebesar-besarnya," ujar Kades Senggigi.

H. Fauzan Khalid dalam kesempatan ini menyampaikan beberapa pesan, salah satunya adalah bagaimana memaknai secara mendalam akan pentingnya kitab suci Al-Qur'an.

“Melalui peringatan Nuzulul Qur'an ini, hendaknya kita dapat memaknai secara mendalam, pentingnya kitab suci Al-Qur'an yang diturunkan, baik sebagai pedoman hidup, petunjuk, sebagai ilmu dan pembeda antara kebenaran dan kebatilan," kata Fauzan.

Acara dilanjutkan dengan tausiyah agama tentang hikmah daripada peringatan Nuzulul Qur’an yang sampaikan oleh Tuan Guru H.Sidqi Abbas. Dalam tauziah tersebut mengatakan, Al-qur’an merupakan firman Allah SWT yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, Al-qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW bagi seluruh Umat Islam di seluruh dunia. 

”Semoga dengan memperingati Nuzulul Qur’an kita bisa meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan selalu membaca, dan memahami isi ayat-ayat Alqur’an serta mengamalkan dalam kegiatan kita sehari hari ” ujar Tuan Guru H.Sidqi Abbas. (SN02).