Atasi Maraknya Bank Rontok, Pemdes Senggigi Siapkan Program Bantuan Modal UMKM Rp 400 Juta

  • Apr 01, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT- Pemerintah Desa Senggigi Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat

akan menyiapkan skema bantuan usaha dan pinjaman tanpa bunga kepada pengusaha kecil dan menengah di desa setempat. Besaran anggaran yang disiapkan untuk program ini senilai Rp 400 juta dan akan berlaku efektif tahun anggaran 2025 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Senggigi, Mastur, SE usai gelaran Buka Puasa Bersama 1445 Hijriyah yang dilaksanakan di kantor desa Senggigi, Minggu (31/03/2024).

Menurut Mastur, dana pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut akan dikelola oleh Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Sadaqah Desa (LAZISDes) Senggigi yang akan menjalin kemitraan dengan Baznas Lombok Barat.

”Bagaimana pola dan teknis pelaksanaannya semua akan dikonsultasikan dengan Baznas,” jelas Mastur.

Diakui Mastur, praktik rentenir bank rontok dengan segala modusnya di tengah masyarakat telah berlangsung cukup lama di Desa Senggigi dan pihaknya meyakini praktik rentenir telah mencekik masyarakat yang dalam kesusahan.

”Mata rantai rentenir ini harus diputus,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Lombok Barat, TGH Taisir Al Azhar menyambut baik dan pendukung program inovatif yang dikembangkan Pemerintah Desa Senggigi tersebut.

”Ini gebrakan dan inovasi yang bagus digagas Kepala Desa dan jajarannya. Kita dukung dan siap memberikan kajian serta pendampingan,”kata tuan guru usai didapuk menjadi penceramah hikmah puasa Ramadhan yang digelar Pemdes Senggigi.

Dijelaskan tuan guru, setiap program yang bermuara pada pemberdayaan ummat mestilah didukung semua pihak.

”Ini juga sejalan dengan program Micro finance yang dijalankan Baznas. Bahkan bila dianggap perlu, kita akan luncurkan bersama agar menjadi contoh bagi desa-desa lain di Lombok Barat,”cetusnya.

Tidak kurang dari 100 undangan hadir dalam giat bukber berthemakan "Merajut Ramadhan Bertabur Kebahagiaan". Diantaranya unsur Muspida Kecamatan Batu Layar, para Kades, tokoh agama, tokoh masyarakat, insan pers, pemuda, karang taruna dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Kepala Desa Senggigi Mastur SE menyampaikan ucapan terimakasih kepada para tamu undangan yang hadir. Tak lupa menyampaikan informasi seputar giat ramadhan dan program Pemdes Senggigi untuk masyarakat.

Sehari sebelumnya Kepala Desa Senggigi dan jajarannya menggelar program Safari Ramadhan Satu hari bersama Yatim Piatu Se Desa Senggigi diikuti tidak kurang dari 63 yatim piatu dan mengajak mereka berbelanja baju lebaran di salah satu mall terbesar di Lombok. (hms)