32 Kafilah Siap Ramaikan Pawai Takbiran di Kecamatan Batulayar

  • Apr 02, 2024
  • Admin Desa Senggigi

LOMBOK BARAT - Tahun 1445 Hijriyah ini, Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat akan melaksanakan pawai takbiran. Acara ini akan dimulai dari depan Gandrung, dusun Montong Buwuh menuju kantor Camat Batulayar.

Camat Batulayar, H. Subayin menyebutkan, sebanyak 32 kafilah pawai takbiran dalam rangka menyambut dan memeriahkan malam 1 Syawal 1445 Hijriah di Kecamatan Batulayar sudah mulai mendaftar untuk berpartisipasi dalam acara ini.

"Sampai hari ini, jumlah kafilah yang sudah mendaftarkan diri untuk meramaikan malam takbiran sebanyak 32 kafilah. Jumlah tersebut tersebar di masing-masing dusun dan desa yang ada di Kecamatan Batulayar," ujar H. Subayin usai mengikuti rapat koordinasi bersama panitia pawai takbiran di kantor Camat Batulayar, Senin (01/04/2024) malam.

Subayin mengatakan, tingginya animo masyarakat dalam mengikuti pawai takbiran itu, karena tahun ini menjadi tahun pertama kegiatan pawai takbiran di gelar di kecamatan Batulayar setelah terjadinya gempa dan Covid-19.

"Masyarakat di kecamatan Batulayar sangat antusias, terlihat dari banyaknya kafilah yang sudah mendaftar," terangnya.

Dalam pelaksanaan pawai takbiran ini, masing-masing kafilah diminta untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama pelaksanaan.

"Nanti di acara technical meeting akan disampaikan kepada penanggung jawab kafilah agar menyiapkan tim pengaman juga di masing-masing kafilahnya," sambung Subayin.

Melihat tingkat antusias warga dan banyaknya kafilah yang sudah mendaftar ini, Camat Batulayar memprediksi akan terjadinya kemacetan lalu lintas saat mulai hingga berakhirnya acara. Kendati demikian, dirinya mengimbau kepada perusahaan hotel atau penginapan lainnya supaya menghindari waktu-waktu tersebut jika membawa tamu.

"Baiknya bagi perusahaan yang akan melewati rute pawai takbiran (dari Gandrung sampai kantor Camat), baik tamu yang check in maupun check out supaya menghindari waktu-waktu yang sudah ditentukan untuk menghindari kemacetan," jelasnya.

Ketua Panitia Pawai Takbiran Tingkat Kecamatan Batulayar, Munajab mengatakan, para peserta yang akan mengikuti pawai takbiran tidak diperbolehkan untuk membawa petasan atau kembang api.

"Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," sentilnya.

Ketua Aliansi Pemuda dan Masyarakat Batulayar (APMB) ini memprediksi, jumlah massa yang akan ikut terlibat dalam acara pawai takbiran di kecamatan Batulayar ini mencapai lebih dari 2.000 orang.

"Karena kan masing-masing dusun mengeluarkan kafilah, jadi estimasi kami jumlah massa mencapai lebih dari 2.000 orang," tutupnya. (hms)..